Layani Siswa di Perbatasan, Yonarmed Sediakan Perpustakaan keliling

oleh -65 views

Voiceoftimor.com-Kefamenanu-Bertugas di perbatasan tak membuat Satuan Tugas Pangamanan Perbatasan (Satgas Pamtas), Ri-RDTL, hanya fokus menjalankan tugas pokok pengamanan perbatasan. Para prajurit Satgas Pamtas RI-RDTL melakukan terobosan lain dalam rangka meningkatkan minat baca generasi muda di perbatasan dengan menyediakan layanan perpustakaan keliling bagi siswa pada sekolah-sekolah di perbatasan.

Hal ini disampaikan Dansatgas RI-RDTL Sektor Barat Letkol Arm Andang Radianto, kepada Voiceoftimor.com, Rabu (26/5), pascamerilis program layanan perpustakaan keliling di perbatasan belum lama ini.

Andang menyebut, program layanan perpustakaan keliling yang diprakarsai Satgas Pamtas Yonarmed 6/3 Kostrad, pertama kali menyambangi SD Khatolik I Eban, Desa Eban, Kecamatan Miomaffo Barat, sebagai sekolah pertama yang didatangi oleh mobil pintar perpustakaan keliling Satgas.

Langkah mendekatkan pelayanan pendidikan oleh Satgas merupakan bentuk kepedulian TNI dalam mencerdaskan generasi bangsa di batas negeri. Hal ini juga merupakan pertama kalinya perpustakaan keliling hadir di sekolah yang berada di daerah perbatasan. Selain itu, program inovasi tersebut pun disambut antusias oleh para siswa serta para guru disekolah setempat.

“Sengaja kegiatan ini dilakukan untuk membangun minat baca dan memperkuat wawasan para siswa di SD Khatolik I Eban. Selain itu, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab kita bersama kepada generasi di batas negeri untuk memperoleh akses bacaan dan ilmu pengetahuan yang sama. Oleh karena itu, kita membuat terobosan ini, agar meningkatkan minat baca anak-anak,” pungkasnya.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu program unggulan Satgas Yonarmed 6 Kostrad, sebagai sumbangsih ilmu pengetahuan kepada anak-anak diperbatasan. Program tersebut telah dipersiapkan pihaknya sebelum ditugaskan.

Untuk menyukseskan program tersebut, pihaknya terlebih dahulu mengadakan penggalangan buku bacaan untuk digunakan sebagai referensi bacaan pada layanan perpustakaan keliling. Sebanyak 1300 lebih buku yang disediakan untuk menunjang layanan perpustakaan keliling.

Salah seorang guru, SD Khatolik I Eban Tofilus, mengapresiasi dan salut atas upaya TNI di perbatasan dalam mendekat diri dengan masyarakat setempat. Selain itu, langkah tersebut merupakan wujud sumbangsih TNI khusus Satgas Yonarmed 6 Kostrad yang telah peduli dengan siswa dan siswi di perbatasan.

“Terimakasih banyak bapak-bapak TNI semoga perpustakaan kelililing bisa terus dilakukan dan bisa singgah kembali ke sekolah kami, saya merasa senang melihat siswa-siswi kami yang sangat antusias dalam membaca buku karena kegiatan ini merupakan sesuatu yang baru di sekolah kami dan semoga dapat meningkatkan prestasi murid-murid kami” ucapnya.(Ra)