Peringati Hari Lahir Pancasila, TNI di Perbatasan Hadiahi Warga Kostum Merah Putih

oleh -42 views

Peringati hari lahir Pancasila ke-76 Satgas Pamtas Yonarmed 6/3 Kostrad bagi pakaian layak pakai dan kaos merah putih kepada warga di Desa Eban dan Sallu Kecamatan Miomaffo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan yang digelar Selasa (1/6/2021), tak hanya memiliki makna sosial semata, namun lebih dari itu, kaos merah putih memiliki pesan moral, yakni meningkatkan rasa nasionalisme warga di daerah Perbatasan RI-RDTL.

Komandan Satuan Pengamanan Perbatasan (Dansatgas), Yonarmed 6/3 Kostrad, Sektor Barat, Letkol Arm. Andang Radianto, menyampaikan hal itu, kepada media ini, Rabu (2/6/2021), di Kefamenanu.

Andang mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menggugah rasa nasionalisme warga di perbatasan dan mempererat tali persaudaraan antara anggota satgas dan warga yang sudah terjalin dengan baik.

“Kegiatan pembagian kaos dan baju layak pakai tersebut dilaksanakan bertepatan dengan hari lahir pancasila yang ke-76. Melalui kegiatan ini diharapkan sinergitas antara Satgas dengan warga semakin solid. Dan semoga dengan dibagikannya kaos merah putih ini dapat menggugah rasa nasionalisme warga diperbatasan” ujarnya.

Tokoh adat, Yohanis Fallo, mewakili warga setempat menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kepedulian serta partisipasi Satgas Pamtas. Kehadiran Satgas Pamtas sejauh ini telah membantu dan berbaur bersama masyarakat dalam aneka kegiatan sosial.

Menurut Yohanis, partisipasi TNI dalam ragam kegiatan sosial masyarakat selama ini, membuktikan TNI dekat dengan rakyat. Hal ini diharapkan terus terpelihara di setiap pergantian Satgas Pamtas.

“Trimakasih kepada Satgas Pamtas yang telah membantu masyarakat di tempat ini. dengan kegiatan ini kami menjadi lebih peduli dan sadar tentang nasionalisme,” ucapnya. (Ra)