Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Tegakkan Protkes di Ruang Publik

oleh -41 views

 

Voiceoftimor.com, Kupang- Ditengah maraknya penyebaran covid-19, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonarmed 6/3 Kostrad dan tenaga kesehatan Puskesmas Pembantu (Pustu), Oepoli, menggelar Operasi Penegakan Pendisiplinan Protokoler Kesehatan (Protkes).

Partisipasi Satgas Pantas dalam penertiban Protkes kali ini menyasar kerumunan warga di seputaran Pasar Oepoli, Desa Natemnanu Utara, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam operasi tersebut, tim gabungan mendapati ada pedagang, pengunjung, dan pelintas jalan yang belum menaati protokol kesehatan seperti tidak memakai masker dan menjaga jarak. Tim juga memberikan edukasi penerapan pola hidup sehat dan mengimbau kepada masa agar selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Masyarakat perlu tahu bahwa penyebaran covid-19 sampai saat ini masih menjadi ancaman dunia tak terkecuali NTT. Karena itu, kepedulian kita semua untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebarannya dengan cara mengedukasi seluruh lapisan masyarakat harus terus menerus dilakukan,”imbau, Dansatgas Yonarmed 6/3 Kostrad, Letkol Arm Andang Radianto, Kamis (3/6/2021).

Menurut Andang, kegiatan tersebut melibatkan prajurit Satgas Pamtas, tenaga kesehatan Pustu Oepoli. Dalam kegiatan tersebut masyarakat diimbau untuk selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Selain itu, dilaksanakan pula pembagian masker bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker dan hand sanitizer.

Ia menambahkan, operasi pendisiplinan protokol kesehatan tersebut dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa penerapan protokol kesehatan di ruang-ruang publik merupakan hal yang wajib dilakukan. Untuk itu, masyarakat agar selalu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Saat ini, menerapkan pola hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan adalah cara terbaik untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran covid-19,” tandasnya.(Ec)