KKB Semakin Brutal, Tower dan Fasilitas Bandar Udara Dibakar

oleh -156 views

 

Voiceoftimor.com, Jayapura – Kelompok kriminal bersenjata (KKB) membakar tower di Bandar Udara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Kejadian ini berdekatan dengan peristiwa pembakaran bangunan kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Ilaga yang juga merupakan kantor Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) dan Kantor Airnav.

Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri membenarkan KKB membakar tower di Bandara Aminggaru Ilaga. Peristiwa itu terjadi pada Kamis (3/6) malam.

Baku tembak antara KKB dan personel Paskhas TNI AU yang bertugas mengamankan bandara juga sempat terjadi.

“Baku tembak terjadi pada hari Kamis sekitar pukul 17.40 WIT,” kata Irjen Mathius Fakhiri seperti dilansir Antara, Jumat (4/6/2021).

Irjen Mathius Fakhiri mengatakan, selain membakar tower, KKB juga membakar ruang tunggu bandara, perumahan perhubungan udara, dan satu rumah warga.

Saat ini, aparat keamanan masih berupaya melakukan pembersihan di sekitar Bandara Aminggaru.

Dia menegaskan bahwa dalam kontak tembak dan pembakaran berbagai fasilitas di Bandara Aminggaru tidak ada korban jiwa.

KKB Bakar Kantor Dishub Ilaga

Sebelumnya diberitakan, bangunan Kantor Dinas Perhubungan yang juga merupakan kantor Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) dan Kantor Airnav di Kabupaten Puncak-Ilaga Papua dibakar oleh KKB Papua. Selain itu, rumah dinas juga dibakar KKB.

Peristiwa pembakaran kantor tersebut terjadi pada Kamis (3/6/2021) sore sekitar 17.30 WIT. Kepala UPBU Ilaga, Herman Sujito, mengatakan bangunan dua lantai yang digunakan untuk kantor perhubungan, UPBU dan Airnav itu di bakar kemarin.

“Iya betul gedung untuk operasional kami, juga Airnav serta beberapa rumah dinas, 17.30 WIT,” kata Herman dikonfirmasi, Jumat (4/6).

Herman menambahkan, kantor dua lantai itu ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa, sementara itu untuk layanan penerbangan pihaknya akan menggunakan layanan portabel.(jbr/imk/Ar)