Satgas Pamtas Gelar Patroli Bersama Cek Patok Batas dan Jalan Tikus.

oleh -119 views

Voiceoftimor.com, Kefamenanu- Tim Pengawasan Orang Asing (Pora), melaksanakan pengecekan patok batas yang terletak di wilayah perbatasan antara RI-RDTL, Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kegiatan tersebut sebagai perwujudan atas tugas TNI dalam menunaikan tugas pengamanan perbatasan.

Kegiatan patroli bersama tersebut sebelumnya diawali pengarahan singkat dari Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua, K.A Halim, Camat Bikomi Utara dan Danpos Napan Bawah Satgas Pamtas RI-RDTL Yonarmed 6/3 Kostrad, bertempat di di Aula Hotel Livero.

Patroli bersama ini merupakan agenda lanjutan Tim Pora, yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi kelas II TPI Atambua, didampingi Danpos Napan Bawah Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Kapolsek Miomaffo Barat dan instansi terkait lainnya.

“Tujuan dari kegiatan patroli bersama antara TNI, POLRI dan CIQS (Imigrasi, Bea Cukai, Karantina Kesehatan) dalam rangka pengecekan patok batas dan jalan-jalan tikus di lintas batas RI-RDTL. Sekaligus dalam rangka kerja lanjutan Tim Pora, agar mengantisipasi pelintas batas ilegal, juga melihat progres pembangunan PLBN Napan,” ujar Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat, Letkol Arm. Andang Radianto, Minggu (6/6/2021).

Selanjutnya, kata Andang, tim mendatangi titik koordinat patok lintas batas dan jalan-jalan tikus, yang ditunjukkan oleh Danpos Napan Bawah. Kegiatan tersebut untuk mengamati dan mengumpulkan keterangan tentang kerawanan yang tinggi, terkait adanya usaha percobaan penyelundupan barang-barang ilegal, baik dari RI menuju RDTL ataupun sebaliknya.

Andang menambahkan, sesuai tugas pokok dari Satgas Tugas Pengamanan Perbatasan adalah menjaga dan mengecek patok-patok batas negara. Selain melakukan pengecekan, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat perbatasan untuk tidak melaksanakan aktivitas yang berpotensi melanggar hukum.

Selanjutnya rombongan melanjutkan perjalanan menuju lokasi pintu masuk atau portal utama perlintasan RI-RDTL Napan, kemudian kembali ke kantor Balai Desa Napan guna melaksanakan evaluasi hasil patroli bersama.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Kantor Imigrasi kelas II TPI Atambua, Camat Bikomi Utara, Kapolsek Miomaffo Timur, Kapospol Subsektor Napan, Danpos Brimob Napan, Danpos PM Napan Bawah, Staff Bea Cukai, Pegawai Karantina Kesehatan Napan, Babinsa Kodim 1618/TTU dan Kepala Desa Napan.(Ra)