Satgas Pamtas Terima 18 Pucuk Senpi Rakitan dari Warga Perbatasan

oleh -401 views

Voiceoftimor.com, Kefamenanu- Satgas Pamtas Yonarmed 6/3 Kostrad menerima satu pucuk senjata api (senpi) rakitan berjenis senapan tumbuk dari salah satu warga di Desa Tubu, Kecamatan Bikomi Nilulat, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Jumat (04/06/2021).

Senjata api rakitan tersebut diserahkan secara sukarela sebagai ucapan terimakasih karena Anggota Pos Ninulat selalu berkontribusi pada setiap kegiatan di Desa Tubu termasuk dalam pembangunan rumah adat di wilayah tersebut.

Penyerahan senpi rakitan tersebut berawal dari kegiatan pembangunan rumah adat di Desa Tubu kecamatan Bikomi Ninulat yang telah lama dilakukan oleh anggota Pos Ninulat bergotong royong dengan masyarakat setempat.

Pada Jumat (04/06/2021) kegiatan pembangunan rumah adat selesai dikerjakan dan Anggota Pos Ninulat bersama masyarakat beristirahat untuk berbincang-bincang dan makan bersama.

Ketika Anggota Pos Ninulat hendak berpamitan, Ketua Adat Desa Tubu, AN, menahan Anggota Pos Ninulat untuk kembali dan menyampaikan bahwa di rumah adat tersebut terdapat senpi jenis senapan tumbuk yang disimpannya, dan belum pernah dilaporkan kepada pihak berwajib dikarenakan takut untuk melapor.

Menurut pengakuannya senpi rakitan tersebut sengaja ingin diserahkan untuk anggota Pos Ninulat karena selama ini anggota pos Ninulat telah membantu membangun dan merehab rumah adat di desa tersebut.

“Masyarakat Desa Tubu yang diwakili oleh ketua adat memberikan senpi jenis senapan tumbuk kepada kami dengan sukarela sebagai ucapan terimakasih karena kami selalu berkontribusi pada setiap kegiatan di Desa Tubu termasuk rumah adat.Saat ini senpi jenis senapan tumbuk tersebut sudah diamankan di Pos Ninulat dan akan diserahkan ke Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat,”ungkap Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat, Letkol Arm. Andang Radianto, ketika diwawancarai Voiceoftimor.com, Senin (07/06/2021).

Ia menambahkan dengan adanya penyerahan satu unit pucuk senpi rakitan berjenis senapan tumbuk dari salah satu warga di Desa Tubu, Kecamatan Bikomi Nilulat kepada Anggota Pos Nilulat, maka hingga saat ini, total senpi yang diterima pihaknya dari masyarakat di wilayah perbatasan sebanyak 18 pucuk, yang terdiri dari 14 pucuk senapan tumbuk dan 4 pucuk pistol rakitan.

Pihaknya juga menerima 355 butir amunisi yang terdiri dari 303 butir amunisi berukuran 7,62 mm, 51 butir amunisi berukuran 9 mm, dan 1 butir amunisi berukuran 5,56 mm. Selain senapan dan amunisi, pihaknya menerima satu butir granat manggis dan satu butir GSP ukuran 40 mm. (Ra)