Bupati Malaka Minta Geliat Ekonomi di Perbatasan Segera Dihidupkan

oleh -129 views

Voiceoftimor.com, Malaka- Bupati Malaka, Simon Nahak, bersama Wakil Bupati Malaka Louise Taolin, bersama jajaran Muspida Kabupaten Malaka melakukan kunjungan kerja ke PLBN Motamasin, yang terletak di Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka. Kunjungan kerja tersebut dilakukan untuk melihat secara langsung bangunan yang ada di PLBN dan mengaktifkan kembali pasar yang berada di PLBN Motamasin guna mendorong peningkatan ekonomi di wilayah perbatasan.

Bupati Malaka, Simon Nahak, dalam sambutannya mengatakan kewaspadaan akibat pandemi covid-19 jangan sampai berimbas pada pembiaran terhadap sarana dan fasilitas yang disediakan oleh negara. Aktivitas di PLBN Motamasin harus segera dibuka kembali guna menggenjot pariwisata dan meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah tersebut. Meskipun demikian, pembukaan kembali PLBN Motamasin harus tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Menurut Simon, selain PLBN Motamasin, Kabupaten Malaka juga memiliki sejumlah aset wisata yang bisa terus dikembangkan. Salah satu yang bisa dikembangkan untuk mempromosikan daerah adalah event pacuan kuda. Untuk itu, pengembangan event tersebut harus benar-benar direncanakan dengan baik sehingga bisa menggenjot pariwisata dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Pengembangan pariwisata harus diperhatikan supaya kita bisa mempromosikan daerah kita dengan tetap memperhatikan aset dan fasilitas yang adalah,”imbuh Simon, Kamis (10/06/2021).

Kepala PLBN Motamasin, Reynold Uran, dalam laporannya menyebutkan kawasan PLBN dengan luas 18 hektar dan dijaga oleh personil TNI dan Polri selama 24 jam untuk memastikan kawasan perbatasan aman dari kejahatan lintas negara maupun kejahatan lain yang biasanya terjadi di perbatasan. PLBN Motamasin terdiri dari zona inti dan penunjang yang dipakai untuk pelayanan lintas batas, tempat keluar masuk orang dan barang. Terdapat dua rest area, dan Wisma Indonesia pasar, sentra kerajinan, kios dalam lainnya.

“Pada tahun 2020 bulan Maret pernah diuji coba pasar tradisional Motamasin bekerja sama dengan Dinas Perizinan, Bidang Perdagangan, juga Dinas Perindustrian, dan berjalan sukses. Pasar uji coba tersebut dilakukan setiap hari Rabu dengan mengambil jadwal Pasar Kada, dimana pedagangnya didominasi oleh pedagang keliling dari warga lokal yang ada di sini yang menjual hasil kebun,”jelasnya.

Setelah mengunjungi PLBN Motamasin, Bupati dan Wakil Bupati Malaka bersama rombongan bertolak menuju lokasi pacuan kuda di Desa Wemasa Kecamatan Kobalima Timur. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Plt Kapolres Malaka, AKBP Sigit Harimbawa, Kepala BPBD Kabupaten Malaka, Bernardo Seran, Kepala PLBN Motamasin, Reynold Uran, Danramil 1605-05/Kobalima, Mayor Inf M. Hartono, Dankipur 3 Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonarmed-6/3 Kostrad, Lettu Arm Hasli, Danpos Brimob, Aiptu Lino Babu,
Kapolsek Kobalima, Iptu Abilio Tefa dan tamu undanganlainnya. (Ek)