Tak Hanya Menjaga Batas, Ini Yang Dilakukan Prajurit TNI Saat Bertugas di Batas

oleh -86 views

Voiceoftimor.com, Kefamenanu- Anggota Pos Naekake, Satgas Yonarmed 6/3 Kostrad melaksanakan bakti sosial dengan membantu membangun rumah Daniel Kefi warga Desa Naekake, Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi NTT. Karya bakti tersebut dilaksanakan untuk mempererat hubungan antara TNI dengan rakyat.

Selain melaksanakan tugas pokok menjaga perbatasan RI-RDTL, Prajurit Yonarmed 6/3 Kostrad yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat juga gencar melaksanakan kegiatan teritorial dengan terjun langsung membantu warga dalam ragam aksi. Hal itu dilakukan agar kemanunggalan TNI dengan rakyat dapat semakin kokoh.

Danpos Naekake, Sertu Irfan, menjelaskan karya bakti merupakan salah satu bagian dari pembinaan teritorial, dengan tujuan untuk membangun soliditas dan sinergitas. Sebagai wujud pembinaan teritorial, pihaknya pada Minggu (13/6/2021), membantu membangun rumah, Daniel Kefi, warga Desa Naekake.

Kehadiran Satgas Yonarmed 6/3 Kostrad, sebut Irfan, tak hanya fokus pada rutinitas tugas pokok sebagai penjaga perbatasan. Namun, lebih dari itu, kemanunggalan yang kokoh antara prajurit Satgas Pamtas dan komponen masyarakat dapat memperkokoh kebersamaan, kesadaran dan partisipasi masyarakat, sebagai wujud kemanunggalan TNI dan rakyat.

Untuk itu, pihaknya selaku prajurit TNI akan berupaya semaksimal mungkin untuk senantiasa membatu masyarakat disetiap tempat tugas agar masyarakat percaya dan yakin bahwa TNI ada tengah tengah masyarakat.

“Tugas Satgas di wilayah perbatasan tidak hanya melaksanakan pengamanan perbatasan saja tetapi juga melaksanakan kegiatan teritorial untuk membantu warga dalam rangka menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat di perbatasan,” tuturnya Senin (14/6/2021).

Sementara Daniel Kefi, mengaku dirinya secara pribadi merasa sangat senang dan terbantu dengan keterlibatan prajurit TNI dalam pembangunan rumahnya. Kehadiran TNI untuk membantu masyarakat membuat masyarakat merasa sangat dipedulikan dan diperhatikan.

Masyarakat juga menjadi yakin bahwa TNI merupakan bagian dari mereka dan akan selalu hadir untuk membantu dan memberikan solusi atas permasalahan yang dialami masyarakat. (Ra)