Dukung Jokowi Tiga Periode, Komite Referendum Rakyat NTT, Gelar Referendum Terbuka, Apa Pilihanmu?

oleh -193 views

Voiceoftimor.com, Kupang- Referendum Rakyat Nusa Tenggara Timur (NTT) bertekad menggelar referendum secara langsung, terbuka, dan bebas untuk mengetahui pendapat rakyat NTT yang sudah memiliki hak pilih terkait dukungan terhadap Presiden Joko Widodo melanjutkan kepemimpinannya sebagai Presiden Republik Indonesia untuk periode yang ketiga. Selain itu, referendum tersebut juga dilaksanakan untuk mengetahui pendapat rakyat mengenai amandemen terhadap Pasal 7 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 tentang pembatasan masa jabatan presiden. Referendum tersebut digelar selama satu bulan, terhitung 21 Juni 2021 hingga 21 Juli 2021.

“Sebagai perwujudan kecintaan dan kepercayaan rakyat Nusa Tenggara Timur terhadap kinerja, karakter, dan kompetensi kepemimpinan Presiden Joko Widodo, maka Komite Referendum Rakyat Nusa Tenggara Timur, bertekad menggelar referendum secara langsung, terbuka, dan bebas, untuk mengetahui pendapat rakyat Nusa Tenggara Timur. Ini merupakan kado terindah rakyat Nusa Tenggara Timur terhadap Presiden Joko Widodo pada ulang tahunnya yang ke-60, hari ini 21 Juni 2020,”demikianlah bunyi maklumat yang dibacakan salah satu Anggota Komite Referendum Rakyat Nusa Tenggara Timur dalam Deklarasi yang digelar pada Senin (21/06/2021) lalu.

Dalam maklumat yang ditandatangani oleh Pius Rengka itu, Komite Referendum Rakyat Nusa Tenggara Timur menilai Presiden Joko Widodo memiliki kemampuan membangun hubungan yang harmonis antara kelompok-kelompok politik, pembela setia keberagaman bangsa. Presiden Jokowi mampu menegakkan dan memperkokoh kedaulatan NKRI, peduli pada kepentingan rakyat kecil, serta terbukti mampu mendorong percepatan pembangunan daerah terpencil, daerah terisolasi, daerah termiskin, daerah perbatasan, pulau-pulau terluar di Indonesia, pembangunan antara kawasan antar wilayah, antar daerah antar sektor, serta antar desa dan kota.

Dalam masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo, Indonesia telah mengalami transformasi pembangunan dan reformasi sosial dalam segenap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara menuju terwujudnya cita-cita dan tujuan nasional.
Percepatan pembangunan infrastruktur dalam rangka pemulihan dan penguatan fondasi ekonomi, pemulihan pelayanan dasar, pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan, mengatasi dampak pandemi Covid-19, membangun wilayah untuk mengatasi kesenjangan dan menjamin pemerataan pembangunan.

Presiden Joko Widodo dalam tujuh tahun terakhir ini melaksanakan pembangunan SDM yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, mengeluarkan kebijakan BBM satu harga, membanguna stabilitas politik, pertahanan, dan keamanan informasi. Kebijakan publik, kebijakan revolusi mental, pembangunan kebudayaan, pelestarian lingkungan dan ekosistem hidup, serta pembangunan ketahanan bencana dan perubahan iklim, berhasil menempatkan Indonesia pada posisi penting dan strategis dalam pergaulan dunia.

Komite Referendum Rakyat Nusa Tenggara Timur, menyerukan kepada seluruh kekuatan politik nasional untuk tidak menggantikan nahkoda manakala kapal sudah melewati badai dan gemuruh alam, dan kini sedang meluncur kencang menuju pelabuhan harapan. Seluruh kekuatan politik nasional harus mengambil langkah politik dan konstitusional yang diperlukan untuk menghindarkan rakyat dari keuntungan konstitusi, menjamin kebebasan politik rakyat untuk menentukan pemimpin bangsa sesuai hati nuraninya masing-masing melalui pemilihan umum yang bebas, jujur, adil, dan bermartabat, mendorong berkembangnya nilai-nilai budaya politik yang demokrasi Indonesia yang terus memelihara dan mendukung pemimpin bangsa yang telah menunjukkan karakter dan kompetensi kepemimpinan dalam memajukan bangsa dan mensejahterakan rakyat.(Ec)