Waspada! Covid-19 Mendadak Naik di TTU, 19 Warga Terpapar, Satu Meninggal

oleh -2.169 views

Voiceoftimor.com, Kefamenanu- Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 melakukan tracking setelah salah satu pasien reaktif Covid-19, Yohanes Antoin Romeo, dari Desa Maurisu, Kecamatan Bikomi Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) yang dirujuk dari Puskesmas Tublopo ke RS Leona Kefamenanu meninggal dunia pada Kamis (24/6/2021).

Tim Satgas Covid-19 kemudian bergerak cepat melakukan tracking terhadap keluarga almarhum di Desa Maurisu, Minggu, (27/06/2021). Dalam proses tracking tersebut diperoleh 47 orang yang memiliki kontak erat dengan pasien yang meninggal dunia.

Setelah dilakukan rapid antigen ternyata 19 dari 47 orang tersebut dinyatakan positif Covid-19. Saat ini para pasien sudah dijemput dan dikarantina terpusat di Rumah Sakit Darurat Rusunawa BTN Kilometer 9 Kefamenanu.

“Terkait hasil tracking pada keluarga korban positif yang meninggal dari kontak erat dan pengambilan rapid antigen di Desa Maurisu,
Jumlah sampel yang diperiksa sebanyak 47 orang, terdapat 19 orang yang hasilnya positif. 19 orang itu adalah anggota keluarga dari 7 kepala keluarga. Mereka dijemput hari Minggu dan saat ini sudah dikarantina di Rusunawa,” ungkap Juru Bicara Covid-19 Kabupaten TTU, Kristoforus Ukat, Senin (28/6/2021).

Dengan demikian, jelas Ukat, Kabupaten TTU saat ini masuk dalam zona merah Covid-19. Masyarakat diimbau untuk tetap menaati protokol kesehatan yakni, menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan selalu menjaga kesehatan.

Sebelumnya, pasien yang meninggal dunia tersebut telah dimakamkan secara protokol kesehatan oleh Tim Satgas Covid-19 Kabupaten TTU di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bijaelsunan, (Ra)