Angka Positif Covid-19 di TTU Mendadak Naik, Waspada Transmisi Lokal

oleh -632 views

Voiceoftimor.com, Kefamenanu- Satgas Covid-19 Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), menyebut fenomena Covid-19 yang mendadak meningkat di Desa Maurisu, Kecamatan Bikomi Selatan, Kabupaten TTU merupakan transmisi lokal. Kesimpulan itu diambil setelah Tim Satgas Covid-19 melaksanakan tracking terhadap pasien meninggal akibat Covid-19 dan keluarga yang ditengarai memiliki kontak erat dengan pasien yang bersangkutan. Dalam penelusuran tersebut, Satgas tidak menemukan bahwa pasien yang bersangkutan dan pihak keluarga sama sekali tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah.

Masyarakat diminta mewaspadai dan selalu mematuhi protokol kesehatan, menyusul adanya penyebaran Covid-19 di Kabupaten TTU yang disebabkan karena transmisi lokal. Meski demikian, penyebaran virus corona di Kabupaten TTU melonjak lantaran adanya mobilitas masuk dan keluar daerah.

Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Tim Satgas Covid-19, melaksanakan tracking sebanyak dua kali di Desa Maurisu. Pada tracking pertama pihaknya menemukan 47 kerabat yang memiliki kontak erat. Setelah dilakukan rapid 19 orang dinyatakan positif, lalu dijemput dan dilakukan Karantina terpusat.

Satgas Covid-19, kemudian melaksanakan tracking kedua dengan memperluas penelusuran di wilayah tersebut. Namun, pihaknya tidak menemukan warga lain yang reaktif atau tertular Covid-19.

“Tracking sudah dilakukan oleh Satgas Covid-19. Awalnya ditemukan 19 orang, kemudian dilakukan lagi tracking kedua. Pada tracking kedua diperluas lagi tapi hasilnya tidak ada yang terpapar. Sementara penelusuran terhadap riwayat perjalanan almarhum, ternyata selama ini tidak pernah ke luar daerah. Begitu pun terhadap keluarga yang terpapar. Sehingga kita dapat simpulkan kasus ini merupakan transmisi lokal,” ungkap, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten TTU, Kristoforus Ukat, Selasa (29/6/2021).

Ia menambahkan, berdasarkan data yang diterima pihaknya hingga kini, total pasien yang dinyatakan positif Covid-19 di Kabupaten TTU sebanyak 36 orang. Para pasien saat ini tengah menjalani karantina terpusat di Rumah Sakit Darurat Rusunawa Kefamenanu.

Sebelumnya Satgas Covid-19 melakukan tracking setelah salah satu pasien reaktif Covid-19, Yohanes Antoin Romeo, dari Desa Maurisu, Kecamatan Bikomi Selatan, yang dirujuk dari Puskesmas Tublopo ke RS Leona Kefamenanu dan meninggal dunia pada Jumat (25/6/2021).

Tim Satgas Covid-19 kemudian bergerak cepat melakukan tracking terhadap keluarga almarhum di Desa Maurisu, Minggu, (27/06/2021). Dalam proses tracking tersebut diperoleh 47 orang yang memiliki kontak erat dengan pasien yang meninggal dunia.(Ra)