Tak Hanya Menegakkan Hukum, Ini Sisi Lain Dari Kejari TTU

oleh -160 views

Voiceoftimor.com, Kefamenanu- Selain garang dalam penegakan hukum, Kejaksaan Negeri Timor Tengah Utara dibawah kepemimpinan Roberth Jimmy Lambila, sangat mendukung pembangunan melalui aksi sosial yang dilakukan. Hal itu dibuktikan melalui aksi nyata yang dilakukan Kepala Kejaksaan bersama jajarannya menyalurkan bantuan kepada Panitia Pembangunan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Lanaus, di Desa Lanaus, Kecamatan Insana Tengah.

Bantuan disalurkan berupa bahan bangunan tersebut diberikan sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi terhadap semangat swadaya masyarakat setempat untuk membangun sekolah tersebut guna mendekatkan akses pendidikan bagi generasi penerus di wilayah itu.

Kajari TTU, Roberth Jimmy Lambila, mengatakan pihaknya didatangi oleh sejumlah tokoh masyarakat dari Desa Lanaus, pada Rabu (30/6/2021) pagi. Mereka menyampaikan keinginan untuk memiliki satu SMP di desa tersebut. Para tokoh masyarakat itu bahkan telah membangun koordinasi dengan Pemerintah Daerah dan telah memperoleh rekomendasi dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (PKO) Kabupaten TTU dengan syarat masyarakat harus mempersiapkan gedung darurat.

Para tokoh masyarakat tersebut juga telah menghibahkan 1 hektare lahan untuk pembangunan SMP tersebut. Namun, proses pembangunan gedung darurat tersebut terkendala karena kekurangan bahan. Untuk itu, pihaknya pun tergerak untuk memberikan bantuan bahan bangunan. Bantuan yang diberikan pihaknya berupa  150 lembar seng, 25 sak semen, paku dan lain – lainnya.

“Bantuan tersebut kita turunkan langsung ke lokasi pada Rabu (30/6) sore dan diserahkan  kepada pihak panitia pembangunan sekolah. Kita  sangat mengapresiasi  semangat swadaya masyarakat membangun sekolah di wilayah Desa Lanaus,” ujar Kajari Roberth Jimmy Lambila, Jumat (2/7/2021).

Ia menambahkan pihaknya akan menjadikan SMPN Lanaus menjadi salah satu sekolah binaan Kejari TTU. Ia sangat berharap pembangunan sekolah tersebut berjalan lancar dan nantinya bisa melahirkan pemimpin-pemimpin hebat di masa mendatang.

Sementara, Ketua panitia pembangunan SMPN Lanaus, Norbertus Tubani mengungkapkan, pembangunan sekolah tersebut sudah dimulai sejak bulan Maret. Ia dan masyarakat lainnya menghibahkan lahan seluar satu hektare untuk pembangunan sekolah tersebut. Pihaknya saat ini tengah berupaya menyelesaikan pembangunan dua ruang belajar darurat yang akan digunakan pada tahun ajaran baru nanti.

“Dalam proses pembangunan gedung darurat ini, kami mengalami banyak kekuarangan, jadi kami ajukan proposal kepada Pak Kajari TTU dan langsung direspon dengan bantuan bahan bangunan. Kami sangat beryukur dan berterima kasih kepada Pak Kajari dan jajaran yang telah memberikan bantuan,”pungkasnya.(Ec)