Covid-19 Mengancam, Bupati Perintahkan Tutup Seluruh Destinasi Wisata

oleh -767 views

Voiceoftimor.com, Belu – Pemerintah Kabupaten Belu menginstruksikan seluruh pengelola tempat pariwisata di wilayah itu untuk menutup sementara lokasi wisata yang ada, sampai batas waktu yang belum ditentukan. Hal tersebut merupakan upaya lanjutan dalam rangka upaya memutus mata rantai penularan Covid-19, di Wilayah Kabupaten Belu. Pasalnya, kasus pasien positif Covid-19 di Kabupaten Belu mencapai 129 orang.

Keputusan tersebut dikeluarkan oleh Bupati Belu, dr Taolin Agustinus, melalui surat bernomor Par.556/135/VII/2021. Dalam surat itu, Bupati Belu menegaskan dan menginstruksikan semua pengelola tempat wisata untuk menutup sementara semua lokasi wisata yang ada. Penutupan sementara itu dilakukan, sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Sebelumnya, pada Selasa (29/6/2021), Bupati Belu juga mengeluarkan surat penegasan bernomor 360/BPBD/74/VI/2021, sebagai tindak lanjut dari hasil Bupati Belu, bersama Forkopimda dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Belu.

Dalam rapat terkait peningkatan kasus Covid-19 dan upaya penularan kasus Covid-19 di Kabupaten Belu, Pemerintah Daerah menegaskan beberapa hal diantaranya, melarang semua acara keramaian dalam bentuk resepsi pernikahan, acara adat, syukuran, dan bentuk keramaian lainnya. Pemerintah juga melarang kerumunan lebih dari 3 orang sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Sementara untuk kegiatan persemayaman jenazah sampai dengan pemakaman dibatasi selama 2 hari dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Bupati juga memberikan wewenang kepada para camat, kepala desa dan lurah untuk berkoordinasi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta Satuan Polisi Pamon Praja, untuk membubarkan kegiatan acara keramaian atau kerumunan lebih dari 3 orang. (Ra)