Ini Cara TNI Membantu Warga Perbatasan Ditengah Pembatasan Kegiatan Masyarakat

oleh -56 views

 

Voiceoftimor.com, Malaka – Tak hanya menjaga kedaulatan negeri di batas negara, Satgas Pamtas Yonarmed 6/3 Kostrad yang bertugas di perbatasan RI-RDTL juga ikut ambil bagian dalam upaya pemenuhan pangan masyarakat di wilayah perbatasan. Sebagai wujud nyata upaya membangun ketahanan pangan di perbatasan, personil Satgas Yonarmed 6/3 Kostrad memanfaatkan lahan perkebunan masyarakat untuk menanam aneka sayuran.

Hal tersebut dilakukan oleh personil Satgas Yonarmed 6/3 Kostrad di Pos Motamasin dan Pos Haslot. Para personil di pos masing-masing berkeliling ke rumah-rumah warga untuk membagi-bagikan sayuran hasil budidaya di lahan pertanian yang diolah oleh personil Pos Motamasin dan Pos Haslot. Kegiatan pembagian hasil panen tersebut juga merupakan wujud dari kegiatan “Kostrad Peduli” yang sedang gencar dilakukan oleh seluruh jajaran Satuan Kostrad.

“Semua kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di perbatasan. Untuk itu kami bagikan hasil panen perkebunan yang kami kelola untuk konsumsi masyarakat”, ujar Dankipur 3 Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat, Lettu Arm. Hasli, Selasa (27/7/2021).

Menurut Hasli, kegiatan pertanian yang dilakukan personil Pos Motamasin dan Pos Haslot ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi konsumsi sehari-hari warga disekitar Pos Haslot dan Pos Motamasin. Personil Pos Motamasin membudidayakan terong untuk konsumsi masyarakat di Desa Kobalima Timur, Kabupten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sementara Pos Haslot juga tergolong berhasil dalam memanfaatkan lahan perkebunan di posnya untuk ditanami sayuran seperti sawi, tomat, dan cabe. Hasil panen sayuran tersebur dibagikan  kepada masyarakat di sekitar Pos Haslot.

Selain itu, dalam masa pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro, budidaya sayuran pada lahan pertanian masyarakat merupakan upaya untuk menguatkan ketahanan pangan masyarakat. Selama masa PPKM, kebutuhan pangan masyarakat di wilayah perbatasan, khususnya sayur-mayur dapat tetap terpenuhi.(Ep)