Kejaksaan Daerah Ini, Inisiasi sistem pengaduan dan laporan secara online

oleh -153 views

 

Voiceoftimor.com, Kefamenanu – Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini membawa dampak terhadap pada semua lini kehidupan, termasuk dalam pelayanan publik. Proses pelayanan publik harus terus berjalan, sementara interaksi antar orang per orang dibatasi akibat pandemi. Menjawab tantangan tersebut, Kejaksaan Negeri Timor Tengah Utara (Kejari TTU) berupaya melakukan digitalisasi pelayanan publik.

Saat ini, Kejari TTU telah menggunakan aplikasi sistem pengaduan dan laporan secara online. Selain itu, tersedia pula sistem pengiriman Surat Perintah Dimulainnya Penyidikan (SPDP) dan permintaan perpanjangan secara online. Hal tersebut akan segera disosialisasikan agar bisa dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat maupun mitra kerja terkait.

“Kami mulai berupaya beralih ke Kejaksaan yang digital. Dengan kondisi pandemi saat ini kita beradaptasi dengan menggunakan teknologi, Sistem pengaduan laporan secara online, sekarang sudah tersedia pengiriman SPDP dan permintaan perpanjangan secara online. Aplikasi kami sudah siap. Saya akan berkoordinasi dengan teman-teman kepolisian dan juga masyarakat supaya bisa memanfaatkan itu,”jelas Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) TTU, Roberth Jimmy Lambila, beberap waktu lalu di Kefamenanu.

Menurut Roberth, langkah itu ditempuh pihaknya untuk mengurangi interaksi antar orang per orang atau kelompok orang dalam masa pandemi saat ini. Hal itu juga bisa memutus rantai penyebaran covid-19. Ia berharap, aplikasi yang ada dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam proses pengaduan, laporan, maupun pengiriman dan perpanjangan SPDP.

“Itu semua untuk mengurangi interaksi agar kita bersama-sama bisa memutus rantai penyebaran covid-19. Selain itu juga tentu bertujuan untuk memudahkan masyarakat, “pungkasnya.(Man).