Covid-19 Mengganas di TTU, Jumlah Kematian Terus Bertambah

oleh -1.937 views

 

Voiceoftimor.com, Kefamenanu – Kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), terus meningkat. Pada Sabtu (31/7/2021), dua pasien dilaporkan meninggal. Pasien positif covid-19 tersebut adalah HFS dan AA yang dinyatakan meninggal dunia pada Sabtu (31/7/2021), adalah Warga Kelurahan Maubeli dan Benpasi, Kecamatan Kota Kefamenanu.

Jenazah kedua Alarhum dimakamkan secara protokol kesehatan covid-19, di tempat pemakaman umum (TPU), khusus Covid-19 Bijaelsunan.

Berdasarkan data yang dihimpun di lapangan, Almarhum AA diketahui masuk RS Leona setelah mengalami gejala sesak napas, batuk, dan demam selama satu minggu. Almarhum juga diketahui memiliki riwayat penyakit hipertensi, psoriasis, dan diabetes militus. Setelah menjalani perawatan selama 18 hari, pasien yang bersangkutan dinyatakan meninggal dunia.

“Hari ini ada satu lagi pasien positif covid-19 yang meninggal dunia. Almarhum masuk RS Leona Kefamenanu dengan keluhan gejala sesak napas, batuk, dan demam selama satu minggu. Sebenarnya ini kasus komorbid. Almarhum memiliki penyakit bawaan yang mengakibatkan lemahnya imun tubuh. Ketika terjangkit covid-19, maka kondisinya semakin buruk dan akhirnya meninggal dunia,” tutur salah seorang petugas yang tak mau namanya disebut.

Berdasarkan keterangan dari pihak medis RS Leona Kefamenanu, hasil rapid tes antigen Almarhum dinyatakan reaktif dan hasil rapid PRCnya positif. Hasil foto thorax juga menunjukkan adanya pneumonia tipical covid luas bilateral. Pasien meninggal dunia akibat gagal napas, cardial arest ec suscept covid-19 gejala berat dan MOF.

Jenazah Almarhum langsung dibawa ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) khusus covid-19 Bijaelsunan pada pukul 12.13 Wita untuk dimakamkan secara protokol covid-19.

Sementara Almarhum HFS merupakan tokoh politisi muda yang diketahui meninggal dunia karena positif covid-19. Almarhum setelah dipasttikan terpapar covid-19 sempat menjalani perawatan di RSUD Kefamenanu.

Mantan Ketua DPRD TTU yang juga merupakan Ketua DPC PDIP TTU itu, sempat di rujuk ke Kupang guna mendapatkan perawatan medis yang maksimal. Namun, Tuhan berkehendak lain. Pada Sabtu (31/7/2021) sore, kabar duka pun beredar bahwa, HFS yang juga merupakan mantan Calon Bupati TTU telah berpulang.

Jenazah HFS pun dimakamkan secara protokol covid-19 di TPU khusus Covid-19 di Bijaelsunan.

Sementara Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten TTU, Kristoforus Ukat, dihubungi wartawan berulang kali terkait informasi kematian pasien Covid-19 di TTU, tak kunjung merespon sampai berita ini diturunkan. (Man)