Stok Oksigen Menipis Ditengah Pandemi, RSUD Minta Bantuan Rumah Sakit Tetangga

oleh -213 views

Voiceoftimor.com, Kefamenanu – Meningkatnya jumlah pasien positif covid-19 di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) berbanding lurus dengan kebutuhan tabung oksigen di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kefamenanu. Saat ini, pihak RSUD Kefamenanu mengalami kekurangan tabung oksigen. Sebanyak 83 tabung oksigen, yang telah disiagakan sebelumnya, tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan pasien khususnya pasien positif covid yang tengah dirawat di rumah sakit plat merah itu.

Meskipun demikian, pihak RSUD Kefamenanu masih bisa mengatasi persoalan tersebut dengan meminta bantuan dari rumah sakit terdekat maupun dari rumah sakit di kabupaten tetangga. Hal tersebut dilakukan semata untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya bagi masyarakat yang terpapar covid-19.

“Saat ini kami mengalami kekurangan tabung oksigen. Tetapi persoalan tersebut masih bisa diatasi, berkat bantuan antara sesama pengelolah rumah sakit di Kabupaten TTU maupun dari daerah lain.. Kalau kita kurang oksigen sedikit, kita telepon rumah sakit mana yang punya stok lebih kita minta bantu. Karena ini kita kerja untuk kemanusiaan,” ungkap Plt Direktris RSUD Kefamenanu, dr.¬†Theresia A. J Mulowato, Jumat (6/8/2021).

Ia menambahkan pihaknya sebelumnya telah menyiagakan 83 tabung oksigen untuk mencukupi kebutuhan para pasien. Namun, kebutuhan oksigen pasien covid-19 lumayan besar. Pasalnya, dalam sehari, satu pasien covid-19 membutuhkan 1 hingha 2 tabung oksigen. Jika jumlah pasien yang dirawat meningkat, maka kebutuhan tabung oksigen juga semakin meningkat.

dr. Theresia berharap tidak ada lagi masyarakat yang terpapar covid-19. Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar taat dalam menerapkan protokol kesehatan saat beraktifitas di luar rumah.(Ra)