Kantongi Calon Tersangka Korupsi Dana Desa, Jaksa Segera Umumkan

oleh -666 views

Voiceoftimor.com, Kefamenanu – Kejaksaan Negeri Timor Tengah Utara (Kejari TTU) akan segera melakukan penetapan tersangka atas kasus dugaan korupsi Dana Desa Banain B setelah merampungkan prosea penyidikan. Saat ini, Tim Penyidik Kejari TTU tengah melanjutkan penyidikan berupa pengumpulan alat bukti kasus dugaan korupsi tersebut. Pengumpulan alat bukti dilakukan pasca penggeledahan dan penyitaan sejumlah dokumen dan uang tunai beberapa waktu lalu.

Tim Penyidik Kejari TTU juga akan melakukan pemeriksaan atas saksi-saksi yang memiliki kaitan dengan dugaan penyalahgunaan anggaran Desa Banain B. Pasca pengumpulan alat bukti dan pemeriksaan saksi-saksi, Tim Penyidik Kejari TTU akan melakukan penetapan tersangka atas kasus dugaan korupsi Dana Desa Banain B.

“Hingga saat ini, penanganan kasus dugaan korupsi Dana Desa Banain B masih dalam tahap penyidikan. Kita akan melakukan pengumpulan alat bukti. Setelah tahapan ini rampung, maka kita akan segera tetapkan tersangka,” ungkap Kasi Pidsus, Andrew P. Keya, belum lama ini di Kefamenanu.

Ia menambahkan pihaknya akan bekerja semaksimal mungkin agar penanganan kasus dugaan korupsi tersebut dapat berproses hingga adanya keputusan yang berkekuatan hukum tetap. Ia meminta meminta dukungan moril dari semua pihak, agar penanganan kasus korupsi di wilayah hukum Kejari TTU dapat berjalan adil dan bijaksana.

Untuk diketahui pada (11/8/2021), Penyidik Kejaksaan Negeri TTU berhasil menyita uang ratusan juta yang tersimpan dalam sebuah koper, mesin fotokopi mini, serta sejumlah dokumen penting lainnya dalam aksi penggeledahan di lima lokasi berbeda. Penggeledahan tersebut terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi Dana Desa Banain B, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten TTU, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tampak penggeledahan dilakukan di rumah tinggal mantan Kades Banain B, Yulius Kolo, di Dusun Beba, Desa Oelami, Kecamatan Bikomi Selatan, Kantor Desa Banain B, rumah Mantan Bendahara, Marianus Metan, rumah Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), Desa Banain B, Antonius Oki, yang terletak di Desa Banain B, Kecamatan Bikomi Utara, serta salah satu rumah lain milik mantan Kades yang terletak di Desa Banain B, Kecamatan Bikomi Utara. (Man)