Lupa Padamkan Api Saat Membakar Sampah, Rumah Warga di TTU Hangus Terbakar

oleh -1.899 views

Voiceoftimor.com, Kefamenanu – Musim kemarau dan angin kencang saat ini memicu timbulnya bencana kebakaran rumah. Kali ini, sebuah rumah milik Klemens Kosat, 65, yang terletak di Tanah Putih, RT 30, RW 12, Kelurahan Kefa Tengah, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), hangus dilahap si jago merah.

Peristiwa kebakaran tersebut terjadi pada Kamis (19/8/2021) sekira pukul 04.30 Wita. Saat itu, Klemens, sang pemilik rumah tengah membakar sampah kertas di bagian belakang rumahnya. Ketika sedang membakar sampah, ada tamu yang datang sehingga Klemens bergegas memadamkan api yang sudah menyala dengan cara menyiram dengan air.

Ia lalu meninggalkan tempat pembakaran sampah begitu saja tanpa memastikan dengan teliti apakah api tersebut sudah benar-benar padam ataukah belum. Tak selang berapa saat, kobaran api mulai membesar dan menghanguskan seisi rumah Klemens.

“Pagi-pagi sekali Pak Klemens bakar tumpukan sampah kertas di belakang rumah. Lalu ada tamu yang datang. Karena buru-buru bertemu tamu, api disiram begitu saja dengan air dan tidak cek lagi apa benar-benar sudah padam. Tidak lama kemudian, api mulai membesar di belakang rumah dan merambat ke seluruh bagian rumah,”ungkap salah seorang kerabat korban, Mikhael Kosat, Kamis (19/8/2021).

Tetangga korban lainnya, Dominggus Amalo, mengatakan pagi itu ia dan tetangga sekitar kaget karena ada kepulan asap dan kobaran api di belakang rumah Klemens Kosad. Setelah mengecek, ternyata kobaran api tersebut berasal dari sampah kertas yang dibakar oleh pemilik rumah. Kobaran api merambat ke bagian belakang rumah korban dan akhirnya meluas ke seluruh sudut rumah. Pemilik rumah dan tetangga sekitar sudah berupaya memadamkan api, namun tidak membuahkan hasil.

Data yang dihimpun di lokasi, total kerugian akibat musibah kebakaran tersebut ditaksasikan mencapai Rp. 300.000.000. Meskipun demikian, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa naas itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten TTU, Yosefina Lake, ketika dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa kebakaran yang terjadi di Tanah Putih, RT 030, RW 012, Kelurahan Kefa Tengah, Kecamatan Kota Kefamenanu.

Berdasarkan laporan yang diterima pihaknya, peristiwa kebakaran tersebut terjadi pada Kamis (19/8/2021) dini hari sekira pukul 04.30 Wita. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.(Man)