Bupati Belu dan Malaka Teken MoU, Warga Malaka Berobat Gratis Bermodalkan e-KTP

oleh -121 views

Voiceoftimor.com, Belu – Pemerintah Kabupaten Malaka melakukan Memorandum of Understanding (MoU), bersama Pemerintah Kabupaten Belu dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan masyarakat yang gratis dan berkualitas. Program tersebut dinamai Kartu Malaka Sehat (KMS).

Guna mewujudkan program KMS, Bupati Malaka Simon Nahak dan Bupati Belu, Agustinus Taolin, menggelar pertemuan bersama dan menyepakati Mou di Ruang Rapat Bupati Belu, Senin, (30/8/2021).

Dua kepala daerah bertetangga di perbatasan Negara RI-Timor Leste itu menjalin kerjasama dalam bidang pelayanan kesehatan berbasis e-KTP Malaka. Kedua daerah ini bersinergi untuk membangun kesejahteraan untuk masyarakat.

Bupati Malaka, Simon Nahak, mengapresiasi kerjasama di bidang kesehatan. Melalui MoU tersebut diharapkan ada pengobatan gratis untuk bisa membantu warga Malaka yang dirujuk ke RSUD Gabriel Manek Atambua. Ia juga berterima kasih atas dukungan dan kerjasama Pemkab Belu melayani masyarakat melalui program KMS.

“Terimakasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Belu atas kerjasama ini. Semoga ke depan kami bisa mandiri. Kita ingin supaya setiap warga Malaka yang sakit dan memegang KMS bisa berobat di mana saja. Sudah ada pengintegrasian program kerja sama BPJS,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Belu, Agustinus Taolin, menyambut baik kerjasama dalam bidang pelayanan kesehatan berbasis e-KTP Malaka. Untuk bersama bersinergi membangun hubungan regional kabupaten tetangga Malaka, TTU, Belu dan TTS.

“Kita akan lakukan untuk kemajuan bersama. Hari ini kita akan menandatangani nota kesepahaman di bidang kesehatan,” ungkapnya.

Perjanjian kerjasama ini bila ada masyarakat yang berobat di Belu tentunya harus dilayani tetapi ikuti mekanisme kerjasama sesuai aturan hukum. Tahun depan akan ada pelayanan sub spealisasi di bidang spesialis hati dan penyakit saluran cerna, unit cuci darah serta pelatihan untuk standar pelayanan ICU dan lainnya.

“Kesehatan ini tanpa dinding. Kita tingkatkan sehingga kita bisa mencapai pelayanan itu. Saya sudah bicara dengan dokter-dokter mari kita bersama membangun komitmen, membangun integritas supaya masyarakat bisa percaya kepada institusi kita,”jelas Bupati Agus. (Man)