Pesona Bukit Tuamese dan Deretan Kolam Yang Memanjakan Mata

oleh -368 views

Voiceoftimor.com – Pesona Bukit Tuamese yang terletak di Desa Tuamese, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), sebagai salah satu destinasi wisata baru tak terbantahkan. Hal tersebut terbukti dengan masuknya destinasi tersebut dalam 10 besar Nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten TTU akan terus mendampingi dan memfasilitasi masyarakat dan Pemerintah Desa Tuamese agar dapat memanfaatkan Dana Desa untuk menata wilayah sekitar Desa Tuamese menjadi destinasi wisata yang luar biasa.

“Bukit Tuamese masuk dalam 10 besar nominasi API tahun 2021. Ini tentunya sebuah kesempatan bagi masyarakat dan Pemerintah Desa Tuamese untuk terus membenahi dan mengembangkan pariwisata di sana. Kita juga akan terus mendorong dan memfasilitasi pembenahan dan penataan destinasi wisata Bukit Tuamese agar semakin berkembang,”ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Timor Tengah Utara, Robertus Nahas Minggu (5/9/2021) di Kefamenanu.

Robertus menjelaskan, Desa Tuamese memiliki pesona alam yang sangat natural. Pemandangan bebukitan di Desa Tuamese sangat indah dan hampir menyamai panorama Wayag di Raja Ampat serta Pulau Padar di Labuan Bajo. Hamparan tambak ikan di bawah perbukitan, yang kini telah berubah menjadi kolam, menyajikan pemandangan sangat indah ketika wisatawan berada di atas Bukit Tuamese.

Ia mengapresiasi Pemerintah Desa Tuamese yang berani memanfaatkan Dana Desa untuk menata wilayah sekitar Desa Tuamese menjadi destinasi wisata yang luar biasa. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten TTU memberikan dukungan penuh dengan cara mendampingi dan memfasilitasi ide-ide pengembangan destinasi pariwisata tersebut.

“Keberanian Pemerintah Desa menggunakan dana desa untuk kepentingan kemajuan di bidang pariwisata tentu akan membuahkan hasil. Beberapa tahun ke depan, masyarakat dan Pemerintah Desa Tuamese pasti akan memetik hasil dari kunjungan para wisatawan. Jelas akan ada peningkatan PADes,”tegasnya.

Ia menambahkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Timor Tengah Utara telah menggelar kegiatan pelatihan kepada masyarakat perihal cara membuat cinderamata bagi para wisatawan. Dengan pelatihan dan pendampingan yang diberikan, diharapkan geliat pariwisata di desa tersebut dapat semakin meningkat.(Man)