Kebakaran Terjadi di Lapas, 41 Orang Penghuni Dilaporkan Tewas

oleh -855 views

Voiceoftimor.com, Jakarta – Korban tewas kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang, Banten, bertambah menjadi 41 orang. Sebanyak 8 orang mengalami luka bakar, dan 71 orang lainnya menderita luka ringan dalam peristiwa tersebut.

“Adapun yang meninggal ada 41 orang, kemudian yang luka (bakar) ada 8 orang, 72 orang luka ringan,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di lokasi kejadian, Rabu (8/9/2021), dikutip dari CNNIndonesia.com

Fadil mengatakan korban meninggal dan luka bakar dibawa ke Rumah Sakit dr. Sitanala dan RSUD Kabupaten Tangerang. Mereka yang luka-luka langsung mendapat perawatan. Sedangkan korban luka ringan dirawat di Poliklinik Lapas Tangerang.

“Yang luka segera kita lakukan perawatan di luar, Rumah Sakit Sitanala dan RSUD Kabupaten Tangerang, yang meninggal juga demikian,” ujarnya.

Fadil menyebut kebakaran yang melanda Lapas Tangerang ini mulai membesar sekitar pukul 01.45 WIB. Petugas pemadam kebakaran pun langsung datang untuk pemadaman. Menurutnya, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 03.00 WIB.

“Kebakaran ini hampir berlangsung selama dua jam lebih, setelah dikendalikan kemudian dievakuasi yang selamat, maka dilakukan olah TKP mulai pagi ini,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Rika Aprianti membenarkan peristiwa kebakaran ini. Ia menyebut terdapat korban meninggal dan luka-luka dalam peristiwa tersebut.

Berdasar keterangan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten Agus Toyib, Lapas Kelas I Tangerang saat ini dihuni oleh 2.072 orang. Sementara Blok C yang terbakar dihuni oleh 122 orang.
(dis/fra/Ar)