Penuhi Hak Anak, Disdukcapil Intens Cetak KIA

oleh -72 views

Voiceoftimor com, Kefamenanu – Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mendorong percepatan pencetakan dan distribusi kartu identitas anak (KIA). KIA ini bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta memiliki manfaat lain yakni memberi sejumlah manfaat bagi pemilik KIA.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten TTU terus melakukan percetakan KIA, guna mengejar target wajib KIA di Kabupaten TTU sebanyak 36.711. meskipun demikian, berdasarkan data yang diperoleh total KIA yang telah tercetak hingga memasuki September 2021, sebanyak 10.792.

Program pencetakan KIA dinilai penting guna memberikan kepastian dan jamaninan terhadap hak-hak anak. Tak hanya itu, KIA dapat memberikan fasilitas tertentu pada berbagai bidang sesuai kebutuhan anak, untuk meningkatkan kesadaran orang tua dalam membuatkan akta kelahiran bagi anaknya, untuk memberikan jaminan kesejahteraan, perlindungan dan fasilitas bagi anak.

“Berdasarkan data yang ada, hingga September 2021, sudah ada 10.792 KIA yang sudah tercetak bahkan sudah dibagikan. Untuk Kabupaten TTU, jumlah wajib KIA kita sebanyak 36.711,” ujar Plt. Kepala Disdukcapil, Tarsius Sasi.

Tarsi mengatakan pelaksanaan pencetakan KIA merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 2 tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak, berfungsi untuk melindungi hak konstitusional anak yang diwujudkan dalam kartu identitas anak

Menindaklanjuti instruksi Permendagri nomor 2 tahun 2016, Disdukcapil TTU mulai melakukan pencetakan KIA pada awal tahun 2020 dan secara resmi dilaunching Bupati TTU, Juandi David, pada tanggal 2 Mei 2021 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional.

Kartu identitas anak ini, menurut Tarsi terbagi dalam dua golongan yaitu anak usia 0-5 tahun minus 1 hari dan 5-17 tahun minus 1 hari. Untuk anak usia 0-5 minus 1 hari kartu identitasnya tidak menggunakan pas foto sementara usia 5-17 tahun minus 1 hari KIA menggunakan pas foto ukuran 3×4. (Man)