Bupati dan Wakil Kumpulkan Pimpinan OPD dan Kabag, Bahas Khusus Hal Ini

oleh -183 views

Voiceoftimor.com, Kefamenanu – Bupati dan Wakil Bupati TTU, Juandi David dan Eusabius Binsasi menggelar pertemuan bersama para Kepala Bagian (Kabag) dan para Kepala Sub Bagian (Kasubag) di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten TTU. Pertemuan tersebut bertujuan membangun koordinasi dan kerjasama antara para Kabag dan Kasubag.

Pertemuan tersebut dilaksanakan di Aula Lantai II Kantor Bupati TTU. Turut hadir dalam pertemuan tersebut Penjabat Sekretaris Daerah TTU, Fransiskus Fay, para asisten, Kabag, dan Kasubag.

Bupati TTU, Juandi David, mengatakan pertemuan tersebut merupakan pertemuan perdana bersama para Kabag dan Kasubag yang mendapat mutasi promosi dan mutasi menyamping beberapa waktu lalu. Pertemuan tersebut dilakukan sebagai langkah awal Reformasi Birokrasi menuju WTP dan WBBM

Dalam pertemuan tersebut, jelas Juandi, pihaknya membahas secara khusus terkait tugas pokok dan fungsi para Kabag dan Kasubag. Para Kabag dan Kasubag harus menjaga hubungan yang harmonis di dinas masing-masing. Selain itu, pembagian peran antara Kabag dan Kasubag harus benar-benar jelas sehingga proses koordinasi dan kerjasama dapat berjalan dengan baik.

Bupati Juandi mencontohkan, salah satu tugas penting dan cukup berat berada di bagian Umum Setda TTU. Untuk itu, Kabag Umum harus benar-benar membagi tugas dan peran kepada semua ASN dan tenaga kontrak yang bertugas di sana sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan.

“Tenaga kontrak di bagian umum harus diberikan tugas seperti mencat tembok dan hal lainya. Setiap tiang listrik ada lampu menyala. Semua gang dalam kota Kefamenanu harus terang. Kita lihat, dalam Kota Kefamenanu sudah mulai tertata,”ungkap Bupati TTU, Juandi David, Rabu (29/9/2021).

Bupati Juandi juga menyoroti peran sejumlah bagian seperti bagian Hukum, Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Bagian Perekonomian dan SDM, Bagian Kesejahteraan Rakyat, Bagian Tata Pem, Bagian Organisasi, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Bagian Administrasi pembangunan dan sejumlah bagian lainya,

Juandi menegaskan, pihaknya akan berupaya agar ke depannya tidak ada jabatan struktural yang kosong. Selain itu,”Ke depannya, tidak boleh ada jabatan struktural yang kosong. Pegawai tidak boleh terlalu terlibat dalam politik,”tegas Bupati Juandi.

Sementara itu, Wakil Bupati TTU, Eusabius Binsasi mengatakan para Kabag dan Kasubag harus benar-benar menunjukkan kinerja yang baik di tempat yang baru. Seluruh ASN harus menempatkan posisi pada porsinya dan tidak boleh ikut berpolitik. Dengan kinerja yang baik pasti akan memperoleh promosi karena kemampuan dan profesionalitas kerja, siapapun yang menjadi pemimpin.

“Mari kita ubah mindset kita. Mari kita bersama-sama bergandengan tangan membangun TTU. Cara berpikir akan nampak pada cara kerja. Siapa pun pimpinan kita, kita harus loyal. Antara Kabag dan Kasubag harus dan staf harus ada relasi yang baik,”pungkasnya.(Man)