Pertanggungjawaban 100 Hari Kerja, SNKT Selamatkan Uang Rakyat Dua Miliar Lebih

oleh -146 views

Voiceoftimor.com, Malaka – Bupati dan Wakil Bupati Malaka, Simon Nahak- Louise Lucky (Kim) Taolin berhasil menyelamatkan uang negara sebesar Rp 2. 522. 657. 803 dalam masa 100 hari kerja mereka sebagai Bupati dan Wakil Bupati Malaka. Keberhasilan tersebut diraih dalam pelaksanaan program Audit Simon Nahak – Kim Taolin (SNKT) baik di tingkat desa maupun organisasi perangkat daerah (OPD).

Program Audit SNKT bukan balas dendam, tetapi melainkan bagian dari evaluasi kinerja aparatur di semua tingkatan, mulai dari desa hingga kabupaten. Program audit tersebut tidak hanya dilakukan di awal 100 hari kerja, tetapi sudah menjadi komitmen Bupati dan Wakil Bupati Malaka untuk mengawalnya hingga tuntas.

“Program audit ini bukan balas dendam. Saya katakan ini evaluasi untuk membersihkan birokrasi. Kita harus mulai dari diri. Untuk itu, mari kita semua mendukung dan mewujudkan program kerja SNKT sesuai visi misi di Pemerintahan ini.” Ungkap Bupati Simon dalam jumpa pers yang berlangsung di aula Kantor Bupati Malaka, beberapa waktu lalu.

Bupati Simon mengapresiasi Tim Inspektorat Malaka yang berhasil mengaudit temuan sebesar Rp 7. 999. 832. 617 dalam proses pemeriksaan 99 desa. Selain itu, dalam proses audit terhadap 23 desa lainnya, Tim Inspektorat Kabupaten Malaka berhasil menemukan kerugian negara sebesar Rp 5. 740. 593. 100 dan mengembalikan Rp 304. 753. 798 ke kas negara.

Selain itu, dalam proses pemeriksaan terhadap organisasi perangkat daerah (OPD), Puskesmas dan Camat, terdapat temuan sebesar Rp 3. 151. 636. 916 dengan pengembalian sebesar Rp 897. 700. 279. Dengan demikian, total penyelamatan uang negara dalam masa kerja 100 hari sebesar Rp 2. 522. 657. 803.

“Keberhasilan audit melalui Program 100 Hari Kerja berjalan lancar dan sukses karena kemitraan bersama OPD, DPRD, TNI/Polri, masyarakat dan media. Kita harapkan Inspektorat terus bekerja. Komitmen Pemkab Malaka untuk mewujudkan pemerintahan yang bebas KKN,” tegas Bupati Simon.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Malaka, Hendrikus Fahik Taek mengatakan pengumuman hasil audit Program 100 Hari Kerja SNKT sebagai wujud nyata janji kampanye Pilkada beberapa waktu lalu. DRPD Kabupaten Malaka sangat mengapresiasi kebijakan Pemkab Malaka yang mengarah untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut merupakan langkah strategis yang perlu didukung.

“Ini sangat strategis perlu kita dukung  juga   kitabakan tetap mendukung dengan fungsi pengawasan terhadap pemerintahan SN-KT,” tandas Anggota DPRD Malaka dua periode asal Fraksi PKB ini.(Man)