Dekatkan Pelayanan Prima, Wabup Luncurkan Aplikasi Sistem Respon Terintegrasi

oleh -90 views

Voiceoftimor.com, Kupang – Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe secara resmi meluncurkan Aplikasi Sistem Respon Terintegrasi (E-Temponasi) beberapa waktu lalu. Kehadiran Aplikasi E-Temponas tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menyampaikan informasi maupun laporan kaitannya dengan kejadian kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Peluncuran Aplikasi E-Temponas tersebut merupakan sebuah terobosan yang ditetapkan sebagai inovasi daerah dalam rangka peningkatan kinerja Pemerintah Daerah dan pelayanan publik yang optimal di Kabupaten Kupang.

“Pemerintah Daerah memberikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mencurahkan kreatifitas dan inovasinya dalam menyusun, merancang, dan mendesain E-Temponasi ini,”ujar Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe saat meluncurkan aplikasi E-Temponas di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Menurut Jerry, meskipun sistem ini dijalankan secara elektronik dan dengan segala kemudahan yang dihadirkan, tidak menjadi peluang untuk dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, dengan memberikan laporan dan informasi yang diragukan kebenarannya.

Wabup Jerry berharap agar aplikasi E-Temponasi tersebut segera disosialisasikan kepada masyarakat Kabupaten Kupang, mulai dari tingkat desa hingga kecamatan. Hal tersebut dilakukan agar aplikasi E-Temponas bisa media sosialisasi yang efektif dan mudah bagi masyarakat.

“Semoga aplikasi ini kiranya bisa menjadi pendorong bagi perangkat daerah lainnya di Pemkab Kupang untuk melakukan inovasi terhadap pelayanan publik yang diselenggarakan sehingga amanat sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dapat kita terapkan di Kabupaten Kupang,”pungkasnya.

Pimpinan Yayasan Cita Masyarakat Madani, Silvester Seno, pada kesempatan itu mengatakan bahwa urusan anak-anak adalah urusan semua pihak, baik dari pihak Pemerintah maupun pihak non pemerintah. Pemerintah Kabupaten Kupang melalui Dinas P2KBP3A telah memfasilitasi kegiatan ini untuk memberi pelayanan bagi anak-anak.

Menurutnya aplikasi E-Temponasi dirancang dan difokuskan untuk anak-anak dan perempuan. Oleh sebab itu,  masyarakat merupakan elemen penting dalam memastikan hak-hak dan perlindungan bagi perempuan dan anak.

“Kami sudah menjalin kerja sama selama 10 tahun bersama Dinas P2KBP3A. Semoga kedepannya bisa terus berkomitmen dan berkolaborasi dengan Pemkab Kupang beserta LSM dalam mengurus anak-anak melalui Perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat (PATBM)”,ujar Silvester. (Man)