Dukung Sektor Pariwisata di TTU, Pendiri Ormas Beta Timor Hadirkan Kapal Pasiar

oleh -194 views

Voiceoftimor.com, Kefamenanu – Pendiri Organisasi Masyarakat (Ormas) Beta Timor, Yosep Falentinus Delasalle Kebo (Falen Kebo) menghadirkan sebuah kapal pesiar yang dinamai Kapal Naef Siuk Kebo. Keberadaan kapal pesiar tersebut merupakan salah satu partisipasi dan sumbangsih Falen Kebo dalam pembangunan sektor pariwisata di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) khususnya di wilayah perbatasan RI-RDTL di Wini, Kecamatan Insana Utara.

Falen Kebo dalam sambutannya saat acara peresmian dan syukuran Anggota DPRD Andina Winantuningtyas, mengatakan ia menamai kapal pesiarnya Naef Siuk Kebo sebagai bentuk dedikasi dan penghormatan kepada orang tua, kakek dan neneknya yang telah dengan iklas sabar dan berbesar hati untuk memberikan perhatian dan kasih sayang kepadanya. Pemberian nama tersebut juga dilakukan untuk tetap menghidupkan memori kebersamaan mereka dalam ingatan dan sanubari Falen dan keluarga.

Menurut Falen, ia menghadirkan kapal pesiar tersebut di Wini dengan tujuan mengembangkan dan meningkatkan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke wilayah perbatasan itu. Hal tersebut juga sebagai wujud partisipasi dan sumbangsihnya selaku putra daerah dalam membangun Sektor pariwisata di wilayah tersebut.

“Daerah Wini kedepannya memiliki potensi di bidang pariwisata yang besar dan akan menjadi lirikan wisatawan baik dalam dan luar negeri. Sebagai pewaris tanah kelahiran di Timor ini, kita harus mulai mengenalkan Daerah Pantura kepada dunia luar dan minimal dengan adanya kapal pesiar Naef Siuk Kebo di Wini, akan menjadi salah satu daya tarik wisata di wilayah ini,”ungkap Falen Kebo.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya juga Tengah membangun dermaga untuk tujuan pariwisata. Ia bercita-cita ke depannya masyarakat TTU dapat menikmati rekreasi dengan kapal pesiar, jet sky, dan sarana lainnya tanpa harus pergi ke luar daerah seperti Jawa dan Bali. Semua fasilitas rekreasi tersebut dapat dinikmati di Wini.

“Sebagai putra Daerah yang ada di TTU, kita mau menjadikan wahana wisata baru di TTU. Saya support istri saya untuk pengembangan pariwisata ke depan.
Kami siap majukan daerah kita sendiri, karena tidak mungkin orang lain yang datang membangun daerah kita,”pungas suami Anggota DPRD TTU Andina Winantuningtyas itu.

Sementara Uskup Atambua Mgr. Dominikus Saku dalam homili perayaan peresmian kapal pesiar Naef Siuk Kebo, mengatakan Falen Kebo sebagai seorang putra daerah bersama sang istri Andina Winantuningtyas yang juga adalah Anggota DPRD TTU menghadirkan sebuah kapal pesiar di perairan Wini sebagai bentuk kecintaan terhadap kampung halaman. Keberadaan kapal pesiar tersebut secara tidak langsung mendukung kemajuan wilayah khususnya dalam bidang pariwisata.

“Pak Falen dan Ibu Andina¬†hadirkan kepada kita sebuah kapal pesiar. Kita mengapresiasi apa yang dibawa oleh keluarga Bapak Falen. Inilah contoh dari semua yang berhasil dan tidak lupa kampung halaman. Tuhan Allah tidak lupa kampung halamannya. Semoga kita semua mampu mempersembahkan yang terbaik untuk usaha kita,”pungkas Mgr. Dominikus.(Man)