Kementerian PUPR Bangun IPA SPAM Berkapasitas 100 Liter per Detik di Kabupaten Kupang

oleh -172 views

Voiceoftimor.com, Kupang – Pemerintah Kabupaten Kupang dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), menggelar acara Ground Breaking Pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) berkapasitas 40 x 2L/Det SPAM Kabupaten Kupang dari Bendungan Raknamo. Acara tersebut sekaligus diikuti peletakan batu pertama oleh Bupati Kupang, Korinus Masneno pertanda dimulai pembangunan IPA.

Kegiatan yang berlangsung di Kampung Oeska, Desa Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, dihadiri Bupati Kupang, Korinus Masneno, Perwakilan Balai Prasarana Permukiman Wilayah NTT, Roy Marthen, Kadis PUPR Kabupaten Kupang,Jhony Nomseo, Kabag Prokopim Martha Ede, Kepala RSKK Beni Selan dan Dirut PDAM, Yoyarib Mau.

Perwakilan Balai Prasarana Permukiman Wilayah NTT, Roy Marthen, mengatakan sehubungan akan dimulainya pembangunan Instalasi Pengolahan Air Sistem Penyediaan Air Minum (IPA-SPAM) oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, diharapkan dukungan dan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat agar pembangun tersebut dapat terlaksana dengan baik.

Rencana Pembangunan IPA SPAM Raknamo berkapasitas 100 liter/detik (2×24 lps), merupakan dambaan masyarakat selama ini untuk memperoleh air bersih layak konsumsi.

“SPAM Raknamo dapat memenuhi kebutuhan air bersih dan pelayanan hingga tahun 2032. Setelah tahun 2032 perlu pengembangan IPA baru, untuk mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat” ungkap Roy Marthen, Selasa (26/10/2021).

Sementara Bupati Kupang, Korinus Masneno, dalam kesempatan itu mengatakan kebutuhan akan air bersih dan berkualitas penting diperhatikan. Karena itu pembangunan IPA akan dimulai dari Desa Raknamo. Masyarakat 10 desa di Kecamatan Kupang Timur, Amabi Oefeto dan perkantoran Oelamasi akan terlayani air bersih berkualitas bantuan Kementerian PUPR. Masyarakat Kabupaten Kupang patut berbangga karena Kabupaten Kupang selalu mendapat perhatian dan dukungan dari Pemerintah Pusat.

“Saya harap kerja sama Pemda, masyarakat dan semua elemen saling mendukung demi kelancaran pengerjaan proyek pembangunan ini. Saya berencana ingin memindahkan kantor PDAM yang terletak di Kota Kupang untuk berada di daerahnya sendiri yaitu di Kabupaten Kupang. Kalau di kota cukup untuk sekretariat konsumen saja,” ujar Masneno.

Pengerjaan pembangunan IPA SPAM merupakan pertama kali di Kabupaten Kupang. Masneno berharap, pembangunan tersebut bisa terselesaikan tepat waktu yakni pada November 2022 mendatang agar dapat dinikmati masyarakat. Pembangunan instalasi air minum kedepannya juga dapat memberikan peluang kepada PDAM Kabupaten Kupang, agar dapat melayani kebutuhan air bersih masyarakat hingga pelosok desa.

Untuk diketahui, pembangunan IPA SPAM dikerjakan oleh kontraktor Karaga-Maju Jaya KSO dengan nilai kontrak Rp.87.274.466.461. Sumber dana berasal dari APBN 2021/2022, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat-Direktorat Jenderal Cipta Karya. (Man)