Sharing Eksibisi, Empat Petinju Asal TTU Dipersiapkan Menuju Bali Boxing Day

oleh -1.172 views

Voiceoftimor.com, Kefamenanu – Sasana Cakti Gibbor-Bali dan Sasana Tinju Mutis Boxing Camp menggelar sharing eksibisi di Kota Kefamenanu, Sabtu (6/11/2021). Sharing eksibisi tersebut merupakan ajang persiapan menuju Bali Boxing Day yang akan digelar 4 Desember 2021 mendatang. Selain itu, kegiatan tersebut juga menjadi ajang persiapan bagi pagelaran event tinju dalam rangka peringatan hari ulang tahun ke-100 Kota Kefamenanu tahun 2022 mendatang.

Kegiatan sharing eksibisi tersebut diharapkan dapat menjaring potensi tinju yang dimiliki oleh generasi muda di wilayah Kabupaten TTU. Pemerintah Daerah diharapkan dapat memberikan perhatian kepada para petinju junior berpotensi di wilayah tersebut. Pasalnya, petinju-petinju junior menjadi aset yang nantinya dapat mengaharumkan nama daerah di berbagai event olahraga tinju.

“Harapan kami dengan adanya kegiatan ini kita sudah melihat potensi para petinju di Kefamenanu, kita melihat potensi mereka sangat luar biasa, ke depan kita berharap mereka bisa diberi wadah dan diperhatikan oleh Pemerintah Daerah. Karena setiap kejuaraan mereka tidak membawa nama pribadi melainkan nama daerah. Dukungan Pemerintah Daerah sangat penting untuk memajukan potensi para petinju muda di TTU,”ungkap Promotor, Candra Ananta Putra, Charlie Yustus Usfunan.

Charlie menambahkan selain tes fisik untuk Bali Boxing Day, kegiatan sharing eksibisi tersebut merupakan persiapan untuk pelaksanaan event olahraga tinju dalam rangka HUT ke-100 Kota Kefamenanu. Pihaknya akan berkoordinasi dan bersinergi dengan pengurus Koni atau Pertina Kabupaten TTU agar dapat melaksanakan event tinju pada peringatan 100 tahun Kota Kefamenanu.

“Kebetulan saya promotor untuk Bali Boxing Day musim ketiga, jadi sharing eksibisi ini juga menjadi persiapan ke sana. Ke depannya, kami akan berbicara dengan pengurus Koni atau Pertina yang baru agar untuk berpartisipasi pada event peringatan 100 tahun Kota Kefamenanu. Kita akan buat event yang besar dengan membangun koordinasi dengan Koni. Kalau kita tidak bersinergi dengan mereka ya mungkin tidak akan terwujud event besar. Kita akan bekerja sama untuk mewujudkan event yang akan datang ini,”tutupnya.

Pelatih Tinju Senior di Sasana Tinju Mutis Boxing Camp, Pdt. Ruben Aunga, mengatakan pihaknya sangat bersyukur dengan adanya kegiatan sharing eksibisi tersebut. Pasalnya, dalam sharing eksibisi itu, para petinju muda binaannya memperoleh banyak pengetahuan baru terutama dalam teknik-teknik tinju. Kegiatan tersebut juga melatih keberanian dan mental para petinju muda untuk tampil di depan umum.

“Saya sebagai pelatih Pertina sangat bersyukur karena kami memperoleh angin segar. Kami bersyukur dengan adanya eksibisi ini anak-anak kami bisa tampil di depan umum walaupun sangat sederhana tetapi saya percaya mental anak-anak semakin kuat. Ini sebagai bekal untuk menuju ke Bali Boxing Day dan persiapan peringatan satu abad Kota kefamenanu tahun depan nanti. Itu rencananya juga akan hadir event tinju di TTU,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten TTU, Hendrik Frederikus Bana, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi upaya peningkatan kapasitas para petinju muda melalui kegiatan sharing eksibisi yang diinisiasi pengelola Sasana Cakti Gibbor-Bali. Pihaknya selaku DPRD akan terus mendukung upaya tersebut dari aspek politik anggaran. Pihaknya akan mendorong dan membantu anggaran untuk membiayai cabang olahraga tersebut.

“Dari aspek politik anggaran DPRD sudah pasti akan menyetujui. Apalagi prestasi olahraga ini akan membawa nama daerah ini ke tingkat regional, nasional, maupun internasional. Sudah pasti DPRD akan mendukung, mendorong, dan membantu anggaran untuk membiayai cabang olahraga ini. Saya kira momentum satu abad Kota Kefamenanu merupakan momentum penting yang harus kita tangkap. Untuk menyambut momentum ini berbagai cabang olahraga perlu dieksplorasi dan ditunjukkan kepada masyarakat karena akan melibatkan banyak atlet di daerah ini,”pungkasnya.

Disaksikan di lapangan, sharing eksibisi tersebut berupa sparing terbuka yang menghadirkan empat partai dengan partai utama mempertemukan petinju kelas Junior 49, Candra Ananta Putra, dari Sasana Cakti Gibbor-Bali dan Yeremia Umbu Deta Aunga, dari Sasana Mutis Boxing Camp TTU. Sementara wasit yang memimpin pertandingan tersebut adalah Pdt. Ruben Aunga. (Man)