Voiceoftimor.com Kefamenanu,Eban-NTT

Mahasiswa asal Universitas Negeri Timor (UNIMOR) khusus program studi Agri Bisnis melakukan praktek kerja profesi (PKP) di Kecamatan Meomafo Barat tepatnya  di desa Salu dusun B/ Rt/Rw 014/07 pada Senin 20/07/20. Dalam praktek kerja profesinya, mahasiswa memilih sebuah kelompok tani Oelkunu sebagai obyek untuk menerapkan ilmu semasa di bangku kuliah.

Ketua kelompok Marselenus Banu saat menerima para mahasiwa mengatakan jika kelompok tani Salu adalah salah satu kelompok yang bergerak di bidang pertanian. Sejumlah tanaman yang dihasilkan merupakan tanaman- tanaman holtikultura semisal tomat, bawang merah, alfaseh, sayur putih, kol, Lombok, picai dan selada air.  Semua hasil tanaman tersebut digunakan untuk konsumsi dan menopang ekonomi keluarga.

Baca Juga:   Matius Alias Bojang Tikam Ramos Hingga Tewas Dalam Pesta

“kelompok kami, berjumlah 20 orang dan kami selalu tanam berbagai jenis tanaman umur panjang dan umur pendek untuk konsumsi dan sebagian dijual di pasaran. Namun pasarnya masih sebatas wilayah Eban sini karena hasil pertanian belum terlalu memadai” Tutur Marsel

Kendatipun kelompok ini sudah lama berdiri dengan jumlah anggota 20 orang,  namun Karena terjadinya kesalah pahaman dan kurang komunikasi yang baik sehingga kelompok ini sempat tercerai berai. Namun berkat Kerja Sam yang baik,  akhirnya kelompok yang sedianya di dirikan pada tahun 2015 akhirnya bisa kembali bersatu pada tahun 2020 dan kembali eksis untuk melanjutkan misi kerja sesuai dengan program yang tersedia.

Baca Juga:   Ketua DPRD: Tidak Ada Pemecatan, Tenaga Kontrak dan Honda Jangan Cemas dan Takut

“Kami dirikan kelompok ini pada tahun 2015, Tapi waktu itu karena kurang bangun komunikasi dengan baik dan saling curiga satu dengan yang lain, akhirnya kelompok ini sempat bubar”Jelas Banu.

“Namun, karena rasa kebersamaan masih tinggi maka kami bangun ulang kelompok ini dengan suka cita pada tahun 2020 dan syukurlah masih ada sampai saat ini”Tambah Banu.

Baca Juga:   Saat Reses Daud Ullu Minta Ini Kepada Pemerintah Kabupaten Kupang

Diakhir komentarnya dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan Universitas Timor dan khususnya para mahasiwa yang sudah bersedia untuk memilih kelompok tani Oelkunu sebagai tempat untuk mempraktekkan ilmunya.

“Saya sampaikan terima kasih kepada pimpinan Universitas dan para mahasiswa, karena sudah memilih kelompok kami sebagai tempat untuk praktekkan ilmunya. Semoga dengan kehadiran mahasiswa, kami bisa di berikan pemahaman yang baik untuk bisa memajukan kelompok tani ini ke depan dengan lebih cerah”.pungkasnya. (Alvin)

KOMENTAR ANDA

komentar